PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA CIJENUK KECAMATAN CIPONGKOR DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK

Penulis

  • Muhamad Daffa Nugraha Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3694

Kata Kunci:

Persepsi Masyarakat, Kinerja Aparatur Desa, Pelayanan Publik.

Abstrak

Saat ini, banyak orang merasa bahwa kinerja pemerintah desa belum mencapai tingkat optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pandangan masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik, dengan fokus pada Desa Cijenuk di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan responden yang merupakan warga Desa Cijenuk. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuisioner. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah persepsi masyarakat, sedangkan variabel terikat (Y) adalah kinerja pemerintah desa. Hasil analisis menunjukkan skor yang secara umum dapat dianggap baik, tetapi temuan korelasi antara persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa dalam menyelenggarakan pelayanan publik di Desa Cijenuk dikategorikan kurang baik.

Referensi

Lucita, D. S., dkk. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal FKIP Unila, Vol 4 No. 4. PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK | Sari | Jurnal Kultur Demokrasi (unila.ac.id)

Arneta, T. M. N., dkk. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, Vol 4 No. 2. Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan | JURNAL EKSEKUTIF (unsrat.ac.id)

Nur, H. A. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Digital Repository Unimed. Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai - Digital Repository Universitas Negeri Medan (unimed.ac.id)

Suparno dan Retno Lestari. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Umika. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=2cf3ce1bca48e8c1JmltdHM9MTcwMDUyNDgwMCZpZ3VpZD0yZDU2ODA1YS00ZTYzLTY3MjctMzA4MC05MTFiNGYzNTY2MWUmaW5zaWQ9NTI3MA&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=2d56805a-4e63-6727-3080-911b4f35661e&psq=PERSEPSI+MASYARAKAT+TERHADAP+KINERJA+APARATUR+DESA+DALAM+MENINGKATKAN+PELAYANAN+PUBLIK&u=a1aHR0cHM6Ly9qdXJuYWwudW1pa2EuYWMuaWQvaW5kZXgucGhwL2FsbWlzYmFoL2FydGljbGUvZG93bmxvYWQvNDEzLzQ0NS8&ntb=1

Emilenia, C. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Pemberian Vaksinasi Covid-19 Terhadap Kepuasan Masyarakat Umum di DKI Jakarta. Karawang.

Mukmin, Zulihar., Ruslan., dan Siti Kurniati. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan di Desa Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 3, Nomor 1.

Sari, D.L., Hasyim, A., & Nurmalis, Y. (2016). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK.

Wasil, M., & Mahfuz, M. (2020). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Lenek Lauk Menggunakan Metode Naive Bayes. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(2), 140–146. https://doi.org/10.29408/jit.v3i2.2314

Andri Wahyudi. (2022). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat (Suatu Tinjauan Tingkat Pendidikan Aparatur Pemerintah Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek). Publiciana, 15(01), 38-48. https://doi.org/10.36563/publiciana.v15i01.529

Indrawati, Weni, dkk. (2017). "Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Desa Tanggulangin." Jurnal Kultur Demokrasi, vol. 5, no. 4.

Wuri, R. R., Kaunang, M., & Pioh, N. (2017). KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/16192

Nasution, I. (2014). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Pantai Labu Pekan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(2), 99-110.

Noviyanti, D., Atthahara, H., Adiarsa, S. R., & Priyanti, E. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Desa Balongsari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 289-297.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 dan 23.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-27

Cara Mengutip

, M. D. N. (2024). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA CIJENUK KECAMATAN CIPONGKOR DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(3), 560–572. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3694

Terbitan

Bagian

Articles