KUALITAS PELAYANAN PAKET LAYANAN KOMPLIT PINDAH DATANG MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DIAGONAL MODEL
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.3984Kata Kunci:
kualitas pelayanan publik, electronic governmentAbstrak
Paket Layanan Komplit merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan administrasi kependudukan yang dapat dijangkau dari mana saja. Inovasi tersebut tentu sangat memudahkan pemohon pengajuan layanan. Akan tetapi, masih terdapat masalah dalam pengajuannya, yakni tingginya angka persentase pengajuan ditolak pada paket layanan pindah datang. Hal tersebut menjadi hal menarik untuk diteliti, khusunya bagaimana kualitas pelayanan dari Pindah Datang melalui Paket Layanan Komplit berdasarkan persepsi kinerja dan harapan pengguna layanan. Penelitian ini diukur menggunakan teori E-Govqual oleh Papadomichelaki & Mentzas (2012) yang terdiri dari indikator efficiency, reliability, trust, dan citizen support. Penelitian ini hadir untuk menganalisis kualitas pelayanan publik menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode analisis importance performance analysis yang terdiri dari analisis tingkat kesesuaian dan analisis kuadran model diagonal. Hasilnya, tingkat kesesuaian semua atribut adalah 91,26% yang berarti cukup baik, dengan nilai terendah 89,38% pada atribut TR1 (data pengguna dirahasiakan dengan aman) dan angka tertinggi sebesar 94,42% pada atribut CS4 (penyedia layanan mampu menyampaikan layanan dengan kepercayaan dan keyakinan). Prioritas perbaikan atribut dalam penelitian ini adalah pada atribut EF7 (petunjuk pengajuan layanan sudah jelas dan terperinci), atribut RE3 (proses pelayanan dilakukan tepat waktu), dan atribut EF6 (informasi yang tertera diperbarui secara berkala).
Referensi
Algifari. (2015). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA), dan Model Kano. Kurnia Kalam Semesta:Yogyakarta.
Andhika, Y. K. P. (2016). Penilaian Situs E-Government Dengan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis. Jurnal Teknik Industri, 17(2), 92-100.
Chen, J. K. (2021). A new approach for diagonal line model of importance-performance analysis: A case study of tourist satisfaction in China. Sage Open, 11(1), 2158244021989276.
Effendi,, S., & Tukiran. (2014). Metode Penelitian Survei. LP3ES:Jakarta.
Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press, 1-112.
Muthmainah, R. F., Prawira, D., & Ilhamsyah, I. (2023). Analisis Kualitas Website Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Tekno Kompak, 17(2), 61-73.
Papadomichelaki, X., & Mentzas, G. (2012). e-GovQual: A multiple-item scale for assessing e-government service quality. Government information quarterly, 29(1), 98-109.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:Bandung
Triastuti, S. (2022). Efektivitas Program Paket Layanan (Paklay) Komplit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE)
Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan
Peraturan Bupati Karanganyar nomor 23 tahun 2020 tentang paket layanan komplit (paklay online adminduk) Kabupaten Karanganyar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0


















