STRATEGI PEMASARAN POLITIK CALEG MILENIAL PARTAI NASDEM KABUPATEN KARAWANG PADA PEMILU 2024

Penulis

  • Hanifah Nur Rohmah Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Ahmad Mudzaki Elyas Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Vierra Pramuliawati Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Haura Atthahara Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.3988

Kata Kunci:

Pemilu 2024; Pemasaran politik; Difusi Inovasi; Caleg Legislatif Milenial

Abstrak

Pemilu merupakan cara untuk mewujudkan sistem demokrasi dan mempraktekkan sila keempat Pancasila. Pemilu 2024 menyoroti peran signifikan generasi milenial dan Gen Z, yang menyumbang 55% pemilih. Dian Fahrud Jaman, caleg milenial dari Partai NasDem, berhasil memenangkan kursi di DPRD Karawang dengan strategi pemasaran politik yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi strategi pemasaran politik calon legislatif Partai NasDem Kabupaten Karawang yaitu Dian Fahrud Jaman dalam pemilu 2024, dengan pendekatan Diffusion of Innovations dari Everett Rogers yang mempertimbangkan aspek inovasi, saluran komunikasi, waktu, dan sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan purposive sampling untuk menetukan informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran politik yang diterapkan Dian Fahrud Jaman dari Partai NasDem Kabupaten Karawang dinilai efektif dalam meningkatkan elektabilitasnya di kalangan pemilih muda dan berbagai segmen masyarakat. Dian Fahrud Jaman melalui pendekatan yang inovatif yang mencakup perubahan citra partai, penggunaan saluran komunikasi baik antarpribadi dan media sosial, pengaturan waktu yang baik, pemahaman mendalam tentang norma sosial dan struktur sosial mendapat kesuksesan dalam meraih dukungan pemilih. Temuan penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya inovasi dan strategi pemasaran politik yang inklusif dalam memenangkan pemilu dalam konteks dinamika politik yang terus berkembang.

Referensi

Firmansyah, J. (2020). Strategi Pemasaran Politik Asaat Abdullah Dalam Pemilu Legislatif Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Jurnal Trias Politika, 4(2), 136-154.

Handika, R., & Azmi, A. (2020). Marketing Politik Calon Legislatif Generasi Milenial (Strategi Pemenangan Manufer Putra Firdaus dalam Pemilu legislatif. Journal of Civic Education (ISSN: 2622-237X), 3(1).

Hernanda, E. P. (2020). MARKETING POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2019 DI KOTA TASIKMALAYA. Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi. skripsi

KPU. (2023, Juny 23). 55% Pemilih Didominasi Generasi Muda, Bantu KPU Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024. Retrieved from kpu.go.id: https://www.kpu.go.id/berita/baca/11684/55-pemilih-didominasi-generasi-muda-bantu-kpu-dalam-penyelenggaraan-pemilu-2024 (Diakses pada24 Mei 2024)

Kurniawan, M. R., Erawati, D., Setiawan, H., & Harmain. (2023). Digitalisasi: Strategi Komunikasi KPU Dalam Meningkatkan Partisipasi Gen Z Pada Pemilu 2024. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1375-1390.

Meliana, S., Mayangsari, I. D., Mahadian, A. B., & Ramadhana, M. R. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM ANGGOTA KOMUNITAS PENA DAN LENSA PURWAKARTA. Medium, 10(1), 84-105.

Muntaha, N. G., & Amin, A. (2023). Difusi Inovasi, Diseminasi Inovasi, Serta Elemen Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2548-2554.

NasDem Karawang Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual. (2022, February 1). Retrieved from nasdem.net: https://nasdem.net/2022/02/01/nasdem-karawang-buka-posko-pengaduan-kekerasan-seksual/ (Diakses pada 27 Mei 2024)

Salam, N. (2023). STRATEGI MARKETING POLITIK PADA CALEG MILENIAL DI KABUPATEN BUTON SELATAN. Communicative: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4, 147-155.

Setiyani, W. (2023). Pemasaran Politik Lilis Nurlia dan Eka Widyani Latief Pada Pemilu 2019 di Kota Bekasi. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 15(1), 14-26.

KPU. (n.d.). RANCANGAN 1 KOMISI PEMILIHAN UMUM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 RANCANGAN 1 DAERAH PEMILIHAN DAN ALOKASI KURSI ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN/KOTA KARAWANG PROVINSI JAWA BARAT. Retrieved from sidapil.kpu.go.id: https://sidapil.kpu.go.id/api/petadapil/2024/32/15/1 (Diakses pada 24 Mei 2024)

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Widiowati, B., & Pramutanto, W. (2021). Strategi pemenangan caleg partai gerindra dalam pemilu legislatif 2019: studi kasus bambang pujianto dapil 2 sidoarjo. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics). https://doi. org/10.20473/jpi. v6i2, 30420.

Yusrin, Y., & Salpina, S. (2023). Partisipasi Generasi Millenial dalam Mengawasi Tahapan Pemilu 2024. Journal on Education, 9646-9653.

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Hanifah Nur Rohmah, Ahmad Mudzaki Elyas, Vierra Pramuliawati, & Haura Atthahara. (2025). STRATEGI PEMASARAN POLITIK CALEG MILENIAL PARTAI NASDEM KABUPATEN KARAWANG PADA PEMILU 2024 . Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(1), 277–290. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.3988

Terbitan

Bagian

Articles