PERAN INSTAGRAM DALAM PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUDA DI PEMILU 2024

Penulis

  • Natasya Aulia Universitas Wahid Hasyim
  • Yulita Nilam Fridiyanti Universitas Wahid Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.4050

Kata Kunci:

Partisipasi Politik, Media Sosial, Dan Generasi Muda

Abstrak

Topik keterlibatan generasi muda dalam kehidupan politik sering menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Generasi milenial dan Z sering kali dianggap kurang tertarik pada politik, yang ditandai dengan rendahnya minat mereka dalam isu politik, kurangnya kepercayaan terhadap pemerintahan, dan sikap negatif terhadap para pejabat. Namun, di sisi lain, generasi milenial di Indonesia telah menjadi pionir dalam penggunaan media sosial yang aktif. Partisipasi mereka dalam era ini membuka peluang bagi generasi milenial dan Z untuk terlibat dalam ruang informasi dan sosial yang ditawarkan oleh media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana generasi muda memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, dalam konteks partisipasi politik. Hal ini penting untuk menyelidiki dampak media sosial terhadap keterlibatan politik generasi muda, yang dapat memberikan wawasan lebih mendalam tentang cara mereka terlibat dalam politik melalui platform ini.

 

Referensi

Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020). Media sosial dan partisipasi politik pada generasi muda: perspektif indonesia. Jurnal Society, 8(1), 87-97.

Sihite, D. V., br Sembiring, E., Rachma, A., & Ivana, J. (2024). Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 100-103.

Pratama, P., & Yahya, A. (2023). Dinamika partisipasi politik kaum muda dalam platform media sosial instagram Sintesa, 2(01), 15-24.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Pratama, P., & Yahya, A. (2023). DINAMIKA PARTISIPASI POLITIK KAUM MUDA DALAM PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Sintesa, 2(01), 15-24.

Juleha, J., Yuniar, J., & Marsuki, N. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Dinamika Opini Publik dan Partisipasi Politik Era Digital. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(1), 38-45.

Sokid, S. (2023). Media Sosial Dan Partisipasi Politik Pemuda Dalam Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(5), 1350-1355.

Sitorus, A. A., Fitri, Y., & Maharani, A. P. (2024). Komunikasi Digital di Instagram terhadap Peningkatan Partisipasi Milenial pada Pemilu 2024. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1782-1787.

Jauhariyah, N. Z., Ilham, M. L., & Rahmawati, N. (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Kampanye Pilpres 2024 untuk Memperebutkan Suara Generasi Muda. Jurnal Politique, 4(1), 100-116.

Atmodjo, Tri, Juwono. (2014). Dinamika Partisipasi Politik Remaja Melalui Media Sosial. Dinamika Partisipasi Politik Melalu Sosial, 13, 281-295

Yovita Octafitria, (2018). Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Pada Kaum Muda. Universitas Indonesia

Tayibnapis, R. G., & Aladdin, Y. (2023). Analisis Bibliometrika Politik Identitas Anies Baswedan Pada Studi Media Komunikasi. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 36-44.

Jauhariyah, N. Z., Ilham, M. L., & Rahmawati, N. (2024). Penggunaan Media Sosial dalam Kampanye Pilpres 2024 untuk Memperebutkan Suara Generasi Muda. Jurnal Politique, 4(1), 100-116.

Fahruji, D. (2023). Pemanfaatan media sosial dalam kampanye politik menjelang Pemilu 2024: Studi kasus tentang akun media sosial partai politik dan politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118-132.

Azka, I., & Syahputra, I. (2023). Komunikasi Politik Capres Anies Baswedan Menuju Pemilu 2024 Melalui Media Sosial Instagram. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 10(1), 37-45.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Natasya Aulia, & , Y. N. F. (2025). PERAN INSTAGRAM DALAM PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUDA DI PEMILU 2024. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(1), 269–276. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.4050

Terbitan

Bagian

Articles